Cara Kompres Video Agar Kualitas Tetap Bagus Menggunakan “HandBreak”

Kompres video dilakukan agar ukuran menjadi lebih kecil sehingga lebih mudah ketika akan dikirimkan melalui jaringan, misalkan akan dikirimkan melalui Whatsapp. Selain itu juga lebih hemat space jika akan disimpan dalam hardisk kita. Tetapi bagaima cara agar ukuran file tersebut menjadi kecil tetapi kualitas video tetap bagus? Kali ini Klinik IT akan berbagi tips cara melakukan kompres video agar ukuran file menjadi lebih kecil menggunakan aplikasi HandBreak

Mengapa Kompres Video Menggunakan HandBreak?

Untuk menentukan aplikasi apa yang akan kita gunakan untuk mengkompres video, tentu kita perlu mempertimbangkan beberapa hal. Berikut ini beberapa alasan mengapa memilih HandBreak

Bacaan Lainnya

1. Open source

Selain gratis, dengan menggunakan aplikasi open source maka kita akan lebih tenang menginstall dan menggunakan aplikasi ini di komputer kita, mengapa demikian? Yang namanya aplikasi open source maka source code aplikasinya dipublikasikan sehingga hampir tidak mungkin aplikasinya disisipi maksud-maksud jahat semisal trojan horse, keylogger dan yang semisalnya.

2. Support banyak format

Handbreak mampu menkonversi berbagai format file multimedia menjadi format “mp4”, “m4v” dan “mkv”. Selain itu juga dapat menggunakan berbagai encoder video seperti: H.265, H.264, MPEG-4, MPEG-2, VP8, VP9 danTheora

3. Ringan dan simple

Aplikasi ini cukup ringan dan simple sehingga mudah untuk digunakan baik bagi orang awam sekalipun.

4. Multiplatform

Aplikasi ini ada dalam berbagai platform, MS Windows, Linux dan Mac.

Mendownload Aplikasi Handbreak

Aplikasi kompres video ini dapat didownload gratis di situs resminya di https://handbrake.fr/.

kompres video hanbreak

Download sesuai dengan sistem operasi pada komputer Anda, apakah MS Windows, Linux atau Mac. Setelah itu, install aplikasi ini dikomputer Anda dengan cara seperti menginstall aplikasi pada umumnya, next dan next lagi.

Cara Mengkompres Video Menggunakan Handbreak

1.Menentukan sumber file video yang akan dikompres

Drag file video ke aplikasi Handbreak seperti dalam gambar berikut ini

kompres video hanbreak

2.Preset, menentukan target device file akan diputar

Pada menu “Preset” pilihlah jenis device yang akan ditargetkan. Misalnya di sini memilih Android 720p30 yang artinya resolusi 720 dan 30 fps. Dengan memilih target device yang sesuai, maka file video hasil kompresi akan lebih efisien.

kompres video hanbreak

3.Format, menentukan format video hasil kompresi

Ada 3 pilihan format: MP4, MKV dan WebM. Misalkan disini kami memilih mp4

4.Save as, pengaturan penyimpanan

Tentukan lokasi dan nama file tempat hasil kompresi video yang akan dilakukan. Pilih direktori yang mudah ditemukan agar Anda tidak repot membuat waktu untuk mencari lokasi file hasil kompresi.

5.Quality, pengaturan kualitas

Pilih tab “Video”, atur tingkat kualitas dan kompresi yang akan dilakukan pada pengaturan “Quality”, semakin hebat tingkat kompresi maka kualitas video yang dihasilkan akan semakin berkurang. Atur sesuai dengan kebutuhan Anda. Pengaturan “Constant Quality” di atas 30 dapat menghasilkan kualitas yang kurang bagus.

kompres video hanbreak

6. Start Encode, memulai kompresi

Setelah semua pengaturan telah ditentukan, klik tombol “Start Encode” maka akan dihasilkan file kompresi di direktori yang telah ditentukan.

Jika dirasa file hasil kompresi masih terlalu besar, Anda dapat mengubah parameter-parameter berikut

  • Preset, semakin tinggi resolusi dan fps maka ukuran file video hasil kompresi akan semakin besar
  • Quality, semakin bagus kualitasnya  maka ukuran file video hasil kompresi akan semakin besar

Anda dapat bereksperimen untuk menetukan takaran kompresi video yang paling pas sesuai dengan kebutuhan dan selesara Anda.

Baca juga “Cara Mudah Mengkonversi Berbagai Format Audio Video dengan FORMAT FACTORY

Content Protection by DMCA.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *