Cara Mudah Sharing File di Windows 10

Di Windows 10 terdapat fitur untuk melakukan sharing file. Dengan cara ini, kita tidak perlu pasang cabut flashdisk untuk menyalin data. Berikut ini langkah-langkah untuk melakukan sharing file di Windows 10 secara mudah.

1.Pastikan fitur “File and Printer Sharing” aktif

Secara default MS Windows mengaktifkan fitur “File and Printer Sharing”, tetapi tidak ada salahnya untuk memastikan lagi bahwa fitur ini telah aktif, terlebih lagi jika komputer yang akan dishare filenya merupakan komputer umum yang “banyak tangan” yang menggunakannnya.

Bacaan Lainnya

Pastikan bahwa di kedua belah pihak (client dan server) telah mengaktifkan fitur file sharing seperti dalam gambar berikut ini

file sharing

Jika Anda belum familiar dengan cara melihat konfigurasi jaringan di Windows 10, Anda dapat membaca artikel “Cara Mengkonfigurasi IP Address di Windows 10”.

2.Melakukan sharing file di PC Server

Pilih folder yang akan dishare -> klik kanan -> Pilih Properties, maka akan muncul Properties dari folder yang Anda akan konfigurasi seperti dalam gambar berikut ini

file sharing windows 10

Kemudian pilih “Tab Sharing” -> lalu klik “Share” seperti dalam gambar berikut ini

file sharing windows 10

Maka akan tampil form untuk mengkonfigurasi folder yang akan dishare, kepada user siapa folder tersebut diijinkan untuk mengakses folder share. Jika tidak ditentukan untuk user tertentu, maka langsung klik tombol “share” di pojok kanan bawah seperti dalam gambar berikut ini.

file sharing windows 10

Maka akan muncul keterangan folder yang telah dishare, kemudian klik “Done” pada tombol pojok kanan bawah seperti dalam gambar berikut ini.

file sharing windows 10

Sampai tahap ini, proses menshare folder di sisi server telah selesai. Anda perlu mengingat alamat IP yang digunakan oleh server karena ketika client akan mengakses file server ini maka client harus mengarahkan ke alamat IP file server.

3.Mengakses file sharing dari Client

Untuk mengakses file server dari Client, langkah pertama adalah memastikan Anda tahu alamat IP yang digunakan oleh File Server tersebut. Kemudian, untuk memastikan bahwa dari client ke server secara jaringan sudah tersambung, Anda dapat melakukan ping ke PC server.

Setelah dipastikan jaringan sudah tersambung, gunakan Windows Explorer untuk mengakses folder share di PC Server dengan cara memasukkan alamat melalui “address bar” di bagian atas, masukkan \\IP_Server\

Sebagai contoh disini alamat File Servernya 192.168.43.64 maka kita masukkan di address barnya \\192.168.43.64\

file sharing windows 10

Maka akan mucul folder di PC server yang sebelumya telah dikonfigurasikan sebagai folder share seperti dalam gambar berikut ini

file sharing windows 10

Selanjutnya Anda dapat melalukan copy-paste dari Server ke Client ataupun sebaliknya, dari Client ke Server.

Content Protection by DMCA.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *