Cara Sharing Printer di Windows 10 dengan Mudah

Sharing printer merupakan mekanisme agar sumber daya printer dapat digunakan bersama-sama (sharing) oleh banyak komputer sehingga pengguna dapat memanfaatkan printer tersebut tanpa harus bekerja dari komputer yang ada printernya tersebut. Artikel berikut ini mengupas cara melakukan sharing printer di Windows 10 dengan mudah.

Mengapa Sharing Printer?

Dengan sharing printer akan memudahkan pengguna ketika akan mencetak dokumen.

Bacaan Lainnya

Jika tanpa sharing printer, ketika kita akan mencetak dokumen maka kita harus menyalin/mengirimkan file yang akan dicetak, lalu kita membuka file tersebut di komputer yang ada printernya, baru kemudian mencetaknya. Bagaimana jika ternyata komputer yang printernya tersebut sedang digunakan oleh pengguna yang lain? Tentu Anda harus menunggu pengguna tersebut selesai atau pengguna tersebut merelakan komputernya dipakai dulu oleh Anda untuk mencetak dokumen.

Dengan sharing printer, maka komputer yang ada printernya tetap dapat digunakan oleh pengguna lain, dan Anda juga dapat langsung mencetak dokumen ke printer di komputer server tanpa menggangu pengguna yang sedang bekerja di komputer server printer (komputer yang ada printernya)

Seting Sharing Printer di Sisi Server

1. Pastikan “File and Printer Sharing for Microsoft Networks” aktif

Seperti halnya pada “Sharing File”, sharing printer menggunakan protokol yang sama sehingga harus dipastikan bahwa “File and Printer Sharing for Microsoft Networks” pada properties jaringan telah dicentang (diaktifkan) seperti dalam gambar berikut ini.

file sharing

2.Aktifkan sharing printer pada “printer yang dimaksud”

Untuk melakukan seting sharing printer dengan langkah-langkah sebagai berikut

Masuk ke menu “Control Panel”

Lalu pilih “Device and Printers”

sharing printer windows 10

Lalu pilih printer yang akan dishare, kemudian klik kanan pada printer tersebut. Lalu pilih menu “Printer properties” seperti dalam gambar berikut ini

sharing printer windows 10

Setelah tampil Printer Properties, klik pada tab “Sharing” kemudian cek (aktifkan) opsi “Share this printer” seperti dalam gambar di bawah ini

sharing printer windows 10

Sampai tahap ini, seting sharing printer di sisi server telah selesai dan siap digunakan

Seting Sharing Printer di Sisi Client

Client perlu diseting agar printer yang sudah dishare dari komputer lain tersebut (server), terdaftar dan dapat digunakan dari komputer client.

Pertama, akseslah menggunakan Windows Explorer, pada address bar masukkan “\\Alamat_IP_Server”, misalnya disini alamat IP server adalah 192.168.0.176, maka tuliskan di address bar

\\192.168.0.176

Pada saat pertama kali mengakses ke komputer server, Anda diminta melakukan otorisasi ke komputer server, masukkan username dan password pada akun yang ada di komputer server seperti dalam gambar berikut ini

sharing printer windows 10

Jika ingin menyimpan profile koneksi agar tidak perlu menuliskan password ketika di kemudian hari ingin tersambung, Anda dapat mencentang “Remember my credentials”

Setelah otorisasi berhasil,  maka akan tampil device printer di server, klik kanan kemudian pilih “Connect” seperti dalam gambar di bawah ini

sharing printer windows 10

Maka sistem di Client akan meminta konfirmasi dan installasi driver

sharing printer windows 10
Sistem melanjutkan dengan installasi driver di komputer Client

sharing printer windows 10

Setelah proses installasi driver selesai, maka printer di server siap digunakan dari komputer client. 

Mencetak dokumen dari client

Bukalah file yang akan dicetak, kemudian cetaklah seperti pada proses biasa ketika menggunakan printer di komputer lokal.

Jika seting di sisi server dan sisi client seperti langkah-langkah di atas telah dilakukan dengan benar, maka di sisi client akan muncul printer di komputer server dalam daftar printer yang siap digunakan untuk mencetak dokumen seperti contoh dalam gambar berikut ini.

Terlihat di komputer client terdapat printer “\\192.168.0.176\HP LaserJet Professional P1102”

sharing printer windows 10

Pilih printer tersebut kemudian pilih “ok”, maka proses mencetak di printer server akan dijalankan.

Catatan
Sharing printer menggunakan jenis Windows yang berbeda tetap dapat dijalankan dengan baik, dalam tutorial ini kami menggunakan Windows 10 di sisi server dan Windows 7 di sisi client.

Content Protection by DMCA.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *